Bagaimana Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga Kuningan Boyolali? Yuk Cari Tahu!

Seperti yang bisa dirasakan bersama, kerajinan khas Indonesia sangatlah beraneka raga. Satu diantaranya yang sangat populer adalah kerajinan tembaga Kuningan Boyolali. Boyolali dikenal sebagai tempat kerajinan tembaga yang berkualitas.

Kerajinan dengan bahan baku tembaga dan dilengkapi dengan bahan lainnya menyajikan karya yang penuh estetika. Karya yang dihasilkan diproses melalui beberapa tahapan. Berikut ini tahapan yang dilalui! Mari disimak!

Ragam Bentuk Kerajinan Tembaga Kuningan Boyolali

Kerajinan tembaga yang ada di Indonesia menjadi satu kekhasan yang hendaknya terjaga dan terlestari dengan baik. Semisal kerajinan tembaga yang ada di Boyolali, tingkap popularitasnya tidak hanya tingkat nasional, tapi hingga mancanegara.

Kerajinan yang dihasilkan pun sangat beragam. Bentuknya bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Umumnya, kerajinan tembaga bisa dibentuk menjadi karya berharga dengan bentuk berikut:

  • Kubah yang banyak digunakan untuk menghiasi tampilan masjid.
  • Lampu gantung yang bisa diterapkan di taman, kafe, hotel, dan semacamnya.
  • Bathub tembaga yakni kerajinan tembaga lainnya yang banyak dimanfaatkan para pecinta seni.
  • Kaligrafi, bentuk lainnya dari kerajinan tembaga yang bisa dipajang di area ruang tamu, ballroom dan semacamnya.
  • Wall d├ęcor yang siap memberikan ruang lebih nyaman dan indah.
  • Vas bunga, bentuk lainnya yang akan tampak menghiasi meja tamu, dan sebagainya.
  • Patung yang banyak disukai orang-orang yang mengagumi seni.

Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga

Mengenal proses pembuatan kerajinan tembaga Kuningan Boyolali akan sangat bermanfaat. Para audiens bisa mengetahui tahapan yang dilalui sehingga menghasilkan karya yang sangat bernilai tinggi.

Terkhusus kerajinan tembaga dari Boyolali masih menerapkan sistem tradisional. Meskipun tidak jarang ditemukan, banyak pengrajin yang sudah menggunakan perlengkapan modern. Dibutuhkan kreatifitas dan seni dalam pembuatannya. Adapun prosesnya sebagai berikut:

1. Membuat Pola Mal

Tahapan pertama, pengrajin akan membuat pola mal. Sebuah pola yang dibuat berdasar ukuran hingga gambaran suatu produk tertentu. Pola yang dibuat haruslah tepat karena akan sangat berpengaruh pada hasil yang diciptakan.

2. Memotong Lempengan

Setelah pembuatan mal selesai, saatnya memotong lempengan tembaga yang tersedia. Umumnya, tembaga akan tersaji dalam bentuk lembaran. Pemotongan akan dilakukan dengan menyesuaikan pola yang sudah dibentuk.

3. Membakar Lempengan yang Sudah Sesuai Pola Mal

Lakukan pembakaran pada lempengan yang sudah sesuai pola mal. Tahapan ini penting dilakukan guna menjadikan material menjadi lebih lentur. Kelenturan suatu tembaga akan memudahkan dalam proses pembentukan.

Secara umum, tahapan pembakaran dilakukan sampai empat kali. Satu kali pertama membutuhkan waktu hingga 5 menit. Pastikan dilakukan secara teliti dan hati-hati, sehingga tetap aman untuk melanjutkan proses berikutnya.

4. Mengelas Sesuai Bentuk yang Dibuat

Proses selanjutnya masuk tahap pengelasan. Proses pembakaran akan membuat tembaga tampak sesuai bentuk yang diinginkan, meski masih samar. Untuk melihat bentuknya lebih detail, maka dilakukan pengelasan.

Setiap bahan yang dibutuhkan pun akan digunakan. Alhasil akan tercipta karya dengan ukuran desain yang diinginkan. Menarik bukan?

5. Mengukir Pola

Kemudian, pengrajin akan melakukan pengukiran pola. Pengukiran ini dilakukan dengan cara dipalu. Pola yang diukir akan menyerupai bentuk yang diinginkan, misalnya vas, cafing dish, mangkuk dan sebagainya.

Alat yang akan digunakan berupa palu dengan dua teknik yakni buko dan ngimpes. Dua istilah tersebut memiliki arti melebar dan menyusut. Artinya akan masuk ke dalam bentuk yang diinginkan.

6. Melebur Sesuai Tekstur yang Diinginkan

Peleburan, tahapan lainnya dalam kerajinan tembaga Kuningan Boyolali. Bahan yang telah dibentuk akan dileburkan kembali. Hal ini dilakukan guna mendapatkan pola tekstur sesuai keinginan. Para pengrajin bisa menentukan sendiri pola yang diinginkan misalnya tekstur jeruk, cincang dan sebagainya.

7. Finishing

Pada tahap ini, pengrajin akan menerapkan polishing & sandpeparing. Dua tahap yang sifatnya krusial dan akan menjadi penentu kualitas produk seni yang dihasilkan. Tahapan ini tidak bisa dilakukan sembarang, hanya pengrajin yang ahli dan harus dilakukan dengan penuh kesabaran.

Amplas dengan menggunakan yang kasar hingga amplas halus. Selanjutnya, agar mengkilap gunakan batu hijau, bensin atau juga minyak tanah. Karya yang dihasilkan pun akan tampak lebih mengesankan.

8. Pengeringan dan Pelapisan

Tahap terakhir yakni pengeringan dan juga pelapisan. Pada dasarnya, tahapan pelapisan sangat menyesuaikan pada tingkat permintaan sang konsumen. Pasalnya, akan sangat berpengaruh pada warna suatu karya.

Penyedia Kerajinan Tembaga Kuningan Boyolali Terbaik

Melalui tahapan proses pembuatan di atas, maka tembaga pun akan tersaji dalam bentuk karya yang bernilai tinggi. Jika tertarik, maka bisa memilih sesuai yang diminati. Tak perlu bingung mencari, Anda bisa langsung menghubungi kami yang merupakan penyedia kerajinan tembaga kuningan Boyolali terbaik.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan pemesanan pada kami sebagai penyedia kerajinan tembaga kuningan Boyolali. Keuntungan yang akan Anda dapat antara lain sebagai berikut:

  • Mendapatkan produk dengan kualitas terbaik yang telah dibuktikan selama puluhan tahun hingga saat ini.
  • Anda dapat pesan tidak terbatas, berapa pun orderannya akan dilakukan sepenuh hati.
  • Mendapat pelayanan yang menyeluruh, yakni tidak membatasi partai kecil ataupun besar. Hanya saja untuk partai yang berkelanjutan akan mendapat penawaran khusus.
  • Bisa memanfaatkan pelayanan konsultasi terkait desain sesuai keinginan masing-masing.
  • Mendapat produk yang tidak hanya dinikmati warga Indonesia, akan tetapi bahkan sampai ke luar negeri.
  • Mendapat pemberian diskon hingga promo tertentu sebagai upaya kami untuk senantiasa menjaga keeratan hubungan dengan Anda sebagai pelanggan.

Demikianlah ulasan terkait proses pembuatan kerajinan tembaga Kuningan Boyolali yang melalui berbagai tahapan. Kerajinan ini menjadi satu ciri khas yang dimiliki Indonesia dan patut untuk dijaga dengan baik. Tidak hanya bernilai seni tapi juga akan sangat berpotensi dalam meningkatkan perekonomian. Anda tertarik memilikinya? Jangan tunggu lama, hubungi kami sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *